Review Logitech G413 Silver

November 30, 2020by Marcomm0

Keyboard Logitech G413 ini merupakan keyboard gaming mainstream dari semua jajaran lini produk Logitech yang menggunakan switch mekanis dan bukan rubber dome seperti keyboard pada umumnya. Jenis switch ini digemari oleh para gamer dikarenakan lebih handal dan lebih presisi serta mempunyai durability yang baik. Sangat banyak macam-macam brand serta varian switch yang digunakan, namun untuk Logitech mereka mempunyai brand switch sendiri yang dinamakan Romer G Switch.

Seperti layaknya brand lain, Romer G Switch pun mempunyai jenis bermacam-macam, tapi jika dilihat dari website resmi Logitech, untuk keyboard G413 sepertinya menggunakan Switch Romer G Linear yang serupa dengan Switch Red Cherry MX dengan feel linear. Tapi ini tidak sepenuhnya benar, karena untuk actuation distance switch ini lebih pendek yaitu 1.5mm sedangkan Red Cherry MX adalah 2mm. Dengan spesifikasi terpaut 25 persen  tersebut maka bisa dikatakan keyboard ini akan sangat responsif dibandingkan Red Cherry MX.

In the Box

Untuk sekelas keyboard dengan brand terkenal seperti Logitech dan Keyboard G413 Silver ini mustinya masuk di kelas mainstream maka bisa dikatakan termasuk mewah. Alasannya adalah penyertaan keycap puller, dan kemudian gaming keycaps serta USB passthrough serta braided cable yang jarang ada di keyboard gaming sekelas. Didalam box akan ditemukan unit Logitech G413, Keycap Puller, Gaming Keycaps serta user documentation.

Unit Keyboard G413 Silver ini jika diamati terlihat sederhana namun juga terkesan kokoh berkat upper plate nya dari bahan aluminium. Untuk bagian belakang menggunakan material plastik namun tebal. Pada bagian belakang juga terdapat elevator untuk yang menyukai mengetik dengan kemiringan. Untuk tipe G413 Silver ini sebenarnya mempunyai kembaran yaitu G413 Carbon. Beda paling mencolok adalah untuk tipe silver ini menggunakan backlight warna putih, sedangkan G413 Carbon mempunyai warna backlight merah.

Review Logitech G413 Silver
Review Logitech G413 Silver

Feel dan pengujian

Salah satu kenapa memilih keyboard mechanical switch adalah feel ketika memencet tombol yang sulit didapatkan pada keyboard rubber dome pada umumnya. Player akan lebih punya feel ketika memencet tombol dan input tersebut akan teregister dengan baik tanpa dobel register key atau lebih atau malah tidak teregister sama sekali. Untuk tipe Switch Romer G linear ini di keyboard Logitech G413 Silver ini memang ada kemiripan dengan Red Switch Red Cherry MX dengan perbedaan yang signifikan di actuation point. Hanya saja walau sama-sama membutuhkan 45gf operating force, namun untuk keyboard Logitech G413 Silver ini terasa lebih berat.

Dikarenakan mempunyai karakteristik mirip dengan  switch Red Cherry MX maka switch dan Keyboard Logitech G413 Silver ini lebih cocok untuk bermain game FPS seperti Counter Strike, PUBG dll. Tapi ini tidak menutup juga kemungkinan untuk memainkan game yang lain dikarenakan Logitech menyertakan fitur macro yang sudah dikustomisasi lewat aplikasi via Windows dengan nama Logitech G Hub. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengatur pencahayaan, control macro dan lain-lain. Dikarenakan desainnya yang simple, maka keyboard Logitech G413 Silver ini tidak memberikan dedicated multimedia button. Sebagai gantinya Logitech menanamkan tombol Function yang dapat dikombinasikan dengan tombol lainnya untuk mengatur aplikasi multimedia.

Review Logitech G413 Silver
Review Logitech G413 Silver

Contoh pre loaded profile DOTA 2

 

Kesimpulan

Dengan harga hanya 1 Jutaan  maka keyboard Logitech G413 ini tepat buat yang akan upgrade dari keyboard rubber dome dan menuju keyboard mekanikal. Alasannya adalah jangan terkecoh desainnya yang simple. Namun dibalik itu banyak fitur-fitur yang menarik terutama profil macro yang akan memanjakan dan memudahkan gamer.

Desain penampang keyboard seperti Logitech G413 Silver ini juga sangat menarik dimana akan mudah dalam membersihkan dikarenakan penampangnya berbentuk lurus tanpa cekungan yang bisa menyulitkan waktu proses membersihkan keyboard.

 

Tech Specs : https://www.logitechg.com/en-gb/products/gaming-keyboards/g413-mechanical-gaming-keyboard.920-008308.html#product-tech-specs

 

Plus:
• Banyak fitur untuk keyboard sekelas
• Kokoh

Minus:
• Jika grounding rumah buruk, kadang menyetrum saat menyentuh permukaan keyboard

 

Untuk info lebih lanjut :

ContactUs@metrodata.co.id

 

 

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA