31 views

Review: ASUS AI Noice Cancelling Mic Adaptor

October 13, 2020by Marcomm0
https://www.synnexmetrodata.com/wp-content/uploads/2020/10/WhatsApp-Image-2020-10-13-at-6.54.51-PM.jpeg

Kalau kita ingat kartu remi,kurang lebih seperti itulah ukuran box dari kemasan ASUS Ai Noice cancelling Mic Adaptor. Didalamnya kita akan menemukan sebuah buku manual, sebuah kartu garansi, dongle dari Ai Noise cancelling dan sebuah adapter USB C to USB A. Bentuk nya sangat sederhana, tidak terkesan complicated seperti namanya yang kesannya wow karena menggunakan teknologi Ai.

Panjang dari dongle ini adalah 1.3.5cm Ketika tanpa menggunakan adapter USB, dan panjangnya 17.5cm Ketika digunakan menggunakan USB C to USB A. dikarenakan desainnya yg “straight forward” kita sarankan untuk menyimpannya dengan hardcase dan jangan simpan di kantong tas bersama benda-benda lain karena dikhawatirkan kabelnya akan terkelupas atau putus.

Spesifikasi teknis

Seperti dijelaskan di website resmi ASUS, produk ini kompatibel dengan PC maupun mobile gadget. Mungkin karena itulah Asus menggunakan interface/antarmuka default adalah USB Type. Dimana Type C ini sudah mulai marak digunakan sebagai port standar untuk Mobile dan PC maupun Notebook pun sudah mengadopsinya jauh hari sebelum mobile gadget pun mulai ikutan menggunakan port USB jenis Type C ini.

Sesuai namanya ini adalah sebuah perangkat untuk meredam noice di sekitar kita sehingga suara kita kaa terdengar lebih jelas tanpa terganggu suara sekitar yang bising. Sepintas USB dongle ini mirip DAC (Digital to Analog Converter) third party yang sering digunakan oleh pecinta audiophile. Betul dan memang didalamnya dongle ini terpasang perangkat DAC namun dengan tambahan Ai processor untuk meredam noise yang ada di sekitar kita. Uniknya, walau hanya “sekedar” dongle untuk noice canceling, ASUS menggarapnya dengan serius dengan menggunakan DAC chipset yang support sample rate hingga 96Khz/24bit. Sebagai informasi, untuk 96Khz keatas, chipset DAC dengan sample rate 96Khz sudah termasuk High definition audio.

Instalasi

Ketika akan menggunakan perangkat ini ke PC atau Notebook, pastikan driver sudah terinstal. Untuk driver bisa didownload di website resmi Asus dikarenakan driver tidak disertakan dalam paket penjualan. Jangan lupa untuk restart dahulu setelah instalasi driver. Saat dicolokan ke USB PC uji, ternyata dongle Ai Noice Cancelling Mic Adapter ini tidak langsung dikenali setelah kita tes, ternyata kita harus colok headset kita ke dongle tersebut dan baru kemudian driver akan muncul di device manager seperti gambar dibawah

Menu Interface

Setelah itu kita coba untuk membuka software bawaannya. Disana ada 3 menu utama, yaitu switch ON dan OFF untuk mengaktifkan dan mo-nonaktifkan fungsi noise cancelling. Kemudian ada menu untuk posisi mic yang kita gunakan, rata-rata gaming headset akan menggunakan menu paling atas, yaitu Boom Microphone, namun dikarenakan kita menggunakan Headpone Audio Technica MSR7SE dengan microphone built in di kabel maka kita menggunakan stup menu no 2.

Lalu untuk setup menu microphone no 3 lebih cocok untuk yang menggunakan microphone desktop atau microphone yang diselipkan di kemeja atau kantong. Untuk menu ketiga adalah tingkat noise cancelling yang kita inginkan. Dan ini akan lebih ke environment masing-masing pengguna. Jika memang sedang di kamar dan hanya ada suara minim seperti music dari ruang sebelah atau suara bunyi gemericik dari akurium maka noise canceling level low lebih disarankan dan seterusnya.

Experience dan kesimpulan

Penulis lebih banyak menggunakan dongle ini untuk keperluan meeting virtual menggunakan Zoom, Teams, Webex dan sebaginya. Perangkat ini dapat berjalan di semua aplikasi tersebut tanpa kendala kompabilitas dan kendala lain lain. Cukup atur perangkat ini sebagai perangkat audio input dan output default di aplikasi meeting virtual yang Anda gunakan. Bagi penulis perangkat ini sangat membantu  terutama di kala PSBB sekarang dan kita dituntut untuk kerja dari rumah.

Kadang Ketika sedang meeting virtual suasana lingkungan tidak mendukung, seperti suara hujan, suara hewan peliharaan, suara kendaraan lewat, bahkan suara music dari tetangga yang bising. Tentunya akan terkesan tidak professional di mata rekan kerja maupun rekan bisnis kita. Setelah menggunakan USB dongle ini semua problem tadi teratasi.

Sebagai informasi penulis pernah menggunakan aplikasi untuk Noise reduction berbayar, namun instalasinya sungguh repot dan hasilnya tidak memuaskan belum juga pricingnya yang penulis rasa lebih masuk akal untuk beli dongle USB ini.

Selain untuk kebutuhan meeting virtual, Asus Ai Noise Cancelling Mic adapter ini juga tepat untuk content creator di youtube, dimana kebutuhannya banyak menggunakan voice over dan harga microphone condenser terbilang mahal, mungkin dongle ini bisa jadi solusi mendapatkan suara jernih minim voice dengan menggabungkan perangkat ini dengan microphone condenser dengan harga lebih terjangkau.

Lalu perangkat ini juga sangat membantu untuk para gamer baik PC maupun Mobile untuk team command seperti menggunakan discord maupun voice channel via in game. Anda yang sedang bermain game di tempat ramai seperti iCafe, maupun sedang kumpul sama teman pun akan semakin nyaman karena teman anda akan mendengar suara anda lebih jelas.

Kelebihan

Multiguna
Support macam-macam OS
Interface Mudah

Kekurangann

Bonus pouch atau hard case akan lebih baik

Tech Spec

Konektor : USB-C include USB-C to USB-A adapter
Ukuran : 1.8 x 0.8 x 13.5 cm
Bobot  : 8 gram
Sample rate : Output: 96/88.2/48/44.1 KHz Input: 48/44.1 KHz
Garansi : 1 Tahun
Harga : SRP 650.000
Distributor : PT. Synnex Metrodata Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

AboutSynnex Metrodata
Get In TouchFollow Us
AboutSynnex Metrodata
Get In TouchFollow Us

Copyright 2020 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2020 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA