Versa Networks : Optimalkan Performa Keamanan dan Jaringan Bisnis Anda dengan Versa SASE

June 8, 2022by Winda Winda0

Ketika Gartner pertama kali memperkenalkan konsep Secure Access Service Edge atau SASE (baca: sasi) pada Agustus 2019, mereka mengestimasikan bahwa “pada 2024, setidaknya sekitar 40 persen perusahaan akan memiliki strategi yang khusus difokuskan untuk SASE.”

Prediksi Gartner benar adanya. Bahkan, kini tiga tahun setelah estimasi tersebut, banyak bisnis mulai menerapkan SASE sebagai salah satu solusi untuk menunjang kinerja infrastruktur IT mereka, khususnya pada bidang jaringan dan keamanan siber. SASE menjadi teknologi yang dianggap fleksibel dan aman. Bagi perusahaan, mengadopsi SASE adalah langkah yang tepat, karena memberikan keamanan dan kecepatan untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami, serta menjadi kunci keberlangsungan bisnis dalam era adopsi mobile dan cloud.

Dari banyaknya teknologi SASE yang tersedia di pasaran, Anda harus tahu betul bahwa solusi SASE yang dipilih benar-benar bisa memenuhi kebutuhan jaringan dan keamanan perusahaan. Entah bisnis Anda kecil atau besar, penyedia layanan, atau organisasi berjalan dengan tim IT yang jumlah karyawannya tak banyak, Anda membutuhkan solusi SASE yang mampu memberikan kinerja yang ekstra. Semua hal tersebut, ada di Versa SASE.

Apa Itu Versa SASE?

Versa SASE adalah solusi SASE yang mengintegrasikan sekumpulan layanan melalui Versa Operating System (VOS), yang dapat memberikan performa keamanan, jaringan, SD-WAN, dan analytics yang optimal.

Arsitektur Versa SASE dapat mengintegrasikan keamanan, jaringan, SD-WAN dan analytics ke dalam satu software sistem operasi yang dihadirkan lewat cloud, on-premise, atau gabungan keduanya.

Versa SASE mengoptimalkan jaringan dan keamanan sambil meningkatkan performa aplikasi multi-cloud dan mengurangi biaya secara drastis. Solusi ini dirancang sebagai integrasi lengkap dari keamanan terbaik, jaringan paling canggih, SD-WAN terdepan di industri, dan analitik yang canggih dalam satu sistem operasi kelas enterprise (VOS) yang beroperasi pada skala besar.

Apa Saja Layanan Versa SASE?

Versa memiliki sejumlah layanan yang difokuskan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan dan keamanan bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya.

Zero Trust Network Access (ZTNA)

Versa ZTNA memungkinkan pengguna untuk menghubungkan aplikasi secara aman pada private dan public cloud dengan konsep zero trust, atau tidak mempercayai pihak siapapun.

Secure Web Gateway (SWG)

Akses internet yang aman untuk situs enterprise, kantor, dan pengguna secara on-the-go tanpa mengganggu performa atau user experience.

Cloud Access Security Broker (CASB)

Versa CASB memungkinkan akses aman untuk data cloud dari pengguna baik dari dalam atau luar perimeter enterprise tradisional, serta mendukung akses cloud-to-cloud yang aman.

Remote Browser Isolation (RBI)

Melindungi terhadap eksploitasi keamanan berbasis browser dan menyediakan sarana browsing anonim dan akses internet terbuka bebas risiko.

Next Generation Firewall-as-a-Service (NGFWaaS)

Menghadirkan perlindungan ancaman lewat virtual private networking, manajemen ancaman secara universal, deteksi malware, dan pencegahan intrusi.

Software Defined Wide Area Network (SD-WAN)

Versa SD-WAN mencakup paket di beberapa antarmuka WAN, paket replikasi, paket loss reduction, serta metode menghindari link yang berkinerja buruk.

Routing

Dirancang dari bawah ke atas berdasarkan penyebaran internet yang dapat diskalakan secara masif, termasuk routing tradisional dan kemampuan inovatif terbaru.

Analytics

Visibilitas real-time ke trafik pengguna, perangkat, aplikasi dan sistem untuk melakukan pelaporan, audit, forecast, dan menciptakan keputusan yang bermanfaat.

Apa Saja Komponen Versa SASE?

Endpoint

Memiliki sistem user-friendly yang dapat menghadirkan cakupan lengkap dari platform Versa ke perangkat Anda.

Appliances

Solusi hardware yang mudah dikonfigurasi dan dapat menghadirkan kecepatan dan performa yang akurat sesuai kebutuhan.

Kontrol dan Manajemen

Satu tampilan kontrol yang mudah untuk administrasi, konfigurasi kebijakan, akses kontrol, analitik dan otomatisasi.

Gateways

Sistem terdistribusi dari Versa Cloud Gateways untuk menghadirkan akses cloud ke seluruh pengguna atau perangkat di mana pun lokasinya berada.

Mengapa Harus Memilih Versa SASE?

Ada sejumlah alasan yang menguntungkan mengapa Anda harus memanfaatkan Versa SASE dalam meningkatkan kinerja jaringan dan keamanan perusahaan. Berikut di antaranya.

Multi-Tenancy yang Asli

Versa SASE menjadi satu-satunya solusi SASE yang memungkinkan pemisahan total antara setiap penyewa yang diperluas ke setiap lokasi cabang untuk memungkinkan segmentasi secara granular. Sistem penyewa secara banyak ini menghadirkan pemisahan di tingkat manajemen, kontroler, data dan analitik, yang secara bersamaan mendukung hingga 256 penyewa per sistem.

Otomatisasi Berbasis Kebijakan

Menerapkan kebijakan yang konsisten di seluruh jaringan dan mengotomatisasi beban kerja untuk membuat jaringan dan menerapkan langkah-langkah kebijakan keamanan. Versa Concerto juga menjadi platform orkestrasi yang dapat mengotomatisasikan, memperbarui, dan meningkatkan software VOS serta paket keamanan di seluruh sistem untuk melindungi pengguna, perangkat, dan aplikasi.

Opsi Deployment

Versa SASE hadir lewat cloud, on-premise, atau gabungan keduanya dan menjadi solusi yang dikelola secara terpusat. Manajemen solusi ini memiliki sistem penyewa yang banyak dengan Role Based Access Control (RBAC) atau akses kontrol berbasis peran, untuk menyediakan pemisahan antara penyewa, dan dapat diterapkan dan digunakan dalam berbagai jenis model.

Dapatkan Solusi SASE Versa Networks dari SMI

Solusi SASE dari Versa Networks kini tersedia di Synnex Metrodata Indonesia (SMI). Dapatkan solusi ini dengan dukungan penuh tim profesional dan ahli IT SMI dengan lebih dari 200 sertifikasi.

SMI menghadirkan portfolio produk komplit mulai dari perangkat end user hingga infrastruktur IT dan teknologi terkini seperti cloud dan IoT. Dengan cakupan layanan yang luas di seluruh Indonesia, SMI siap untuk mendukung dan mengembangkan bisnis Anda, serta menyederhanakan ekosistem kemitraan dari satu platform dan solusi yang terintegrasi. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi versa@metrodata.co.id

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA