Versa Networks : Apa Saja Manfaat dalam Menerapkan SASE di Bisnis Anda?

May 19, 2022by Winda Winda0

SASE atau Secure Access Service Edge menjadi teknologi yang mengintegrasikan fungsi pada keamanan dan jaringan bersama kemampuan WAN untuk menciptakan lingkungan hybrid yang dinamis dan aman. Pada dasarnya, SASE memperluas kapabilitas keamanan dan jaringan di luar tempat yang biasanya tersedia, sehingga pengguna—di mana pun lokasi mereka—dapat menggunakan layanan seperti Firewall-as-a-Service (FWaaS), Secure Web Gateway (SWG), Zero-Trust Network Access (ZTNA), dan berbagai jenis fungsi deteksi ancaman siber.

Sebagai informasi, istilah SASE (baca: sasi) pertama kali dicetuskan oleh Gartner pada Agustus 2019 di laporan berjudul “The Future of Network Security in Cloud”, yang mencatat tren pasar SASE dimana “pelanggan akan menuntut kesederhanaan, skalabilitas, fleksibilitas, latensi rendah dan konvergensi kekuatan keamanan yang meresap dari WAN edge dan pasar keamanan jaringan.”

Gartner juga memprediksi pada 2023, 20 persen dari bisnis akan mengadopsi solusi seperti SWG, CASB, ZTNA, dan FWaaS dari vendor yang sama. Sementara, pada 2024, setidaknya akan ada 40 persen dari perusahaan yang akan memulai strategi besar-besaran untuk mengadopsi SASE.

SASE menghadirkan sejumlah manfaat yang mampu meningkatkan performa dan keamanan dari WAN pada bisnis Anda. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Mengurangi Kompleksitas dan Biaya

Anda tak akan lagi mengalami kerumitan seperti mengirim, memasang, dan upgrade hardware pada lokasi cabang perusahaan. Cukup sambungkan perangkat ke internet dan semua akan beroperasi dengan optimal. Selain itu, SASE juga memiliki pendekatan SaaS yang mendukung pertumbuhan cepat dan peningkatan teknologi yang dapat menghemat biaya, dan Anda akan memiliki model yang mudah dikelola dan digunakan, termasuk model harga per pengguna.

  1. Menerapkan Akses Privilege Sangat Minim

SASE mengusung prinsip Zero Trust, yang mengasumsikan jaringan berbahaya dan menegakkan otentikasi seluruh perangkat dan pengguna, serta memeriksa lokasi serta kepatuhan dan kebijakan sebelum mengizinkan sesi. SASE pun membatasi akses ke aset atau sumber daya apa pun berdasarkan kebijakan, konteks, pengguna, perangkat dan identitas aplikasi. Tak cuma itu, SASE juga membatasi akses jaringan luas berdasarkan alamat IP atau lokasi, di mana mengurangi pergerakan lateral dari pelanggaran hacker dan ancaman melalui perangkat yang tidak dikelola atau perangkat IoT yang terhubung ke jaringan.

  1. Memungkinkan Skenario Bisnis Digital yang Baru

SASE menerapkan akses aman terlepas dari lokasi pengguna, beban kerja, perangkat, aplikasi atau data, di mana memungkinkan WFA aman, adopsi SaaS yang cepat, serta lingkungan multi cloud fleksibel. Adapun arsitektur SASE yang otomatis terkirim ke cloud bisa diskalakan, memanfaatkan internet dan memungkinkan transformasi digital tanpa biaya dan kekakuan arsitektur on-premise.

  1. Memastikan Kebijakan yang Konsisten

Arsitektur SASE meningkatkan keamanan dengan menerapkan kebijakan yang konsisten, dimana SASE menghadirkan serangkaian layanan UTM ke tepi jaringan mana pun, serta melindungi pengguna dan aset secara on-premise/off-premise.

  1. Meningkatkan Efektivitas Tim TI

Manajemen berbasis peran yang terpusat dapat meningkatkan efektivitas jaringan, sehingga produktivitas tim TI turut meningkat, dimana mereka akan mendapatkan visibilitas dan kontrol penuh atas bidang tanggungjawab mereka dengan menerapkan kebijakan. Selain itu, analitik juga akan disesuaikan dengan peran staf.

  1. Orkestrasi Terpusat

Manajemen SASE menawarkan difinisi kebijakan terpusat, yang tergabung dengan penegakan lokal. SASE juga menyediakan manajemen dalam satu tampilan yang sederhana untuk pengelolaan jaringan dan keamanan sebagai solusi tunggal, yang memungkinkan visibilitas dan analitik end-to-end untuk seluruh pengguna, perangkat, aplikasi, dan sumber daya, terlepas dari lokasi atau jaringan mereka.

  1. Pencegahan Ancaman dan Risiko

Arsitektur SASE menghadirkan cloaking atau penyelubungan aplikasi dan sumber daya, segmentasi serta isolasi dengan kontrol terdistribusi. Selain itu, arsitektur SASE juga dilengkapi keamanan yang lengkap di berbagai lokasi sepanjang jalur akses, serta dukungan untuk enkripsi/dekripsi, di mana menggabungkan profil dan penilaian risiko berbasis pengguna, perangkat dan lokasi.

  1. Akses Pengguna yang Aman dan Mulus

SASE memungkinkan optimalisasi pengalaman pengguna dan akses cloud, sehingga lebih konsisten dimana pun lokasinya. Dengan bandwidth optimal dan latensi rendah, pengalaman pengguna akan terjamin keamanannya dan berjalan dengan lancar.

  1. Performa Optimal

SASE meningkatkan performa dan mengurangi latensi untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, serta memiliki langkah pemrosesan paralel single-pass untuk memperkuat kinerja aplikasi dan jaringan. Selain itu, SASE juga mengeliminasi arus trafik backhaul yang mengurangi latensi client ke cloud.

  1. Mengamankan Akses Remote atau Mobile

SASE menghadirkan keamanan bagi akses remote dan mobile pengguna, serta dapat mendeteksi trafik berbahaya dan melakukan intervensi sebelum bisa mencapai sistem perusahaan, dan memungkinkannya untuk mengurangi serangan DDoS.

Dapatkan Solusi SASE Versa Networks dari SMI

Solusi SASE dari Versa Networks kini tersedia di Synnex Metrodata Indonesia (SMI). Dapatkan solusi ini dengan dukungan penuh tim profesional dan ahli TI SMI dengan lebih dari 200 sertifikasi.

SMI menghadirkan portofolio produk komplit mulai dari perangkat end user hingga infrastruktur IT dan teknologi terkini seperti cloud dan IoT. Dengan cakupan layanan yang luas di seluruh Indonesia, SMI siap untuk mendukung dan mengembangkan bisnis Anda, serta menyederhanakan ekosistem kemitraan dari satu platform dan solusi yang terintegrasi.

Informasi lebih lengkap, hubungi versa@metrodata.co.id

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA