PT Synnex Metrodata Indonesia Tingkatkan Cloud Security Skill Dengan Sertifikasi Certified Cloud Security Engineer (CCSE)

March 29, 2022by Winda Winda0

Temukan kombinasi unik antara konsep cloud security dari vendor-netral & vendor-spesifik.

Jakarta, 10 Maret 2022 — PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) — salah satu entitas anak Metrodata Group yang berfokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Digital, hari ini memperkenalkan program pelatihan dan sertifikasi terbaru dari EC-Council yang berfokus pada bidang cloud security, yaitu EC-Council’s Certified Cloud Security Engineer (C|CSE). Program EC-Council’s Certifi­ed Cloud Security Engineer (C|CSE) merupakan sebuah kurikulum yang dibuat dengan kolaborasi dari banyak anggota ahli profesional dalam bidang cloud security dari berbagai negara. C|CSE adalah sebuah program pelatihan dan sertifikasi yang memadukan konsep cloud security, dari yang berbasis vendor-netral sehingga memberikan arah pembelajaran yang menyeluruh, tidak bersifat bias, dan dapat digunakan secara umum pada semua teknologi cloud yang ada, baik yang bersifat best practice, framework fundamental, ataupun konsep. Hal ini juga membantu praktisi cloud security mendapatkan skill yang dibutuhkan untuk bekerja terhadap sebuah platform cloud spesifik.

“Dengan semakin maraknya teknologi dan platform berbasis cloud, organisasi akan semakin membutuhkan tenaga ahli dalam bidang cloud security, untuk membantu membangun infrastruktur cloud yang aman, monitor vulnerability yang mungkin muncul, dan melakukan langkah mitigasi bila terjadi serangan cyber security. C|CSE dari EC-Council dapat membantu dan melengkapi skill para praktisi yang dibutuhkan dalam dunia kerja khususnya di bidang cloud saat ini,” kata Grady Utama, Division Manager, PT Synnex Metrodata Indonesia.

Platform berbasis cloud, dalam perkembangannya saat ini, memungkinkan penyimpanan data yang terpadu, pertukaran data yang mudah, kemudahan akses data dari mana saja, meningkatkan reliabilitas pekerjaan yang dilakukan, hingga meningkatnya produktivitas karyawan. Dengan meningkatnya adopsi penggunaan platform berbasis cloud pada saat ini, disampig hal-hal yang bersifat positif tersebut, juga menimbulkan adanya kemungkinan ancaman dan serangan cyber security seperti kehilangan data, kebocoran data, risiko koneksi yang tidak secure, dan banyak lagi.

Ancaman dan serangan yang muncul, terus bertambah setiap tahun nya, seiring dengan semakin banyak nya data yang disimpan di cloud. Dengan peningkatan tren dimana akan semakin banyak organisasi yang menggunakan cloud, maka aspek keamanan siber khususnya dalam kategori teknologi cloud dirasakan semakin dibutuhkan. Cloud security adalah sebuah cara, prinsip, dan metodologi untuk melindungi infrastruktur, data, dan aplikasi yang berbasis cloud.

C|CSE adalah sebuah program pelatihan dan sertifikasi unik yang memberikan pengetahuan dan pembelajaran yang komprehensif yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi platform cloud yang banyak digunakan seperti AWS, GCP, dan Azure. C|CSE memberikan skill yang dibutuhkan dalam menghadapi ancaman dan serangan cyber security yang ditujukan terhadap lingkungan platform cloud. C|CSE mengajarkan langkah dalam merencanakan, mengkonfigurasi, dan menjaga lingkungan platform loud yang baik dan aman. C|CSE memberikan pengetahuan mengenai audit security dan penetration testing yang dilakukan agar sesuai dengan standar compliance, policy, prosedur, dan regulasi terkait lingkungan platform cloud. C|CSE dapat memberikan skill yang dibutuhkan untuk terjun ke dalam bidang lingkungan pekerjaan yang menggunakan cloud platform dalam kesehariannya. Program pelatihan dan sertifikasi C|CSE sangat cocok bagi para praktisi termasuk di dalamnya seperti Network Security Engineers, Cybersecurity Analysts, Network Seecurity Analysts, Cloud Administrators, Cloud Engineers, Network Security Administrators, Cloud Analysts, Cybersecurity Engineers, dan semua praktisi yang terkait dalam cloud management dan operation.

Tentang PT Synnex Metrodata Indonesia

PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) adalah perusahaan patungan (joint venture agreement) antara PT Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL) dan Synnex Technology International Corp yang dibentuk pada awal tahun 2011. SMI fokus di bidang distribusi TIK dengan 2 (dua) lini bisnis yaitu Solusi dan Distribusi, dan bermitra dengan perusahaan TI kelas dunia. SMI memiliki tujuh sentra distribusi antara lain di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Makassar serta didukung kantor logistic center and sales force yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Dengan layanan yang efisien dan efektif, serta didukung oleh dealer dan reseller, SMI siap melayani berbagai kebutuhan para pelanggannya. Informasi lengkap mengenai SMI, kunjungi www.synnexmetrodata.com.

Tentang EC-Council

EC-Council memiliki tujuan untuk membangun dan mengembangkan sumber daya manusia pada bidang cybersecurity secara mendunia. EC-Council banyak membantu kebutuhan organisasi, tenaga pendidik, instansi, dan individu perorangan, dengan mengembangkan dan membuat berbagai program dan sertifikasi keahlian cybersecurity kelas dunia, kepada para pelaku bisnis terbesar di seluruh dunia. Dipercaya oleh 7 organisasi dari kelompok Fortune 10, 47 organisasi dari kelompok Fortune 100, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, komunitas intelligence dunia, NATO, dan lebih dari 2,000 universitas, sekolah, dan lembaga edukasi dari seluruh dunia. Program dan sertifikasi dari EC-Council telah digunakan oleh 140 negara dan telah menjadi standar dalam kurikulum pendidikan terkait bidang cybersecurity.

Ketahui lebih lanjut pada: www.eccouncil.org

Ikuti EC-Council melalui LinkedIn dan Twitter

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Melani Dwi Nastiti

Public Relations Officer

PT Metrodata Electronics Tbk

Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008

Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id

www.metrodata.co.id

Yulinny Christina

Marcom Manager

PT Synnex Metrodata Indonesia

Telp: (62-21) 29345800 ext. 6674

Email: Yulinny.Christina@metrodata.co.id

www.synnexmetrodataindonesia.com

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA