EC-Council : Menjelajah Dunia Maya Dengan Aman Tanpa Gangguan dan Ancaman Cyber

October 25, 2021by Winda Winda0

Situs web rentan terhadap peretasan, perusakan, cryptojacking, dan berbagai bentuk serangan lainnya. Menurut studi Clark School di University of Maryland, rata-rata ada serangan web setiap 39 detik. Ini menunjukkan perlunya profesional keamanan untuk mempertimbangkan keamanan web sebagai elemen penting dalam menjaga “attacker” do dunia maya untuk mengakses data sensitif. Sebagian besar, serangan ini dimulai dengan phishing, salah satu serangan rekayasa sosial, yang kemudian diikuti oleh malware, ransomware, credential stuffing, dan serangan siber lainnya.

Apa itu Keamanan Web?

Penjahat dunia maya menggunakan program dan alat otomatis untuk mendeteksi situs web yang rentan. Mereka kemudian meluncurkan serangan untuk mengeksploitasi kelemahan yang teridentifikasi, mencoba mendapatkan akses ke data rahasia. Keamanan web melibatkan berbagai metode, alat, dan partisipasi dari para profesional keamanan dalam menjauhkan pelaku dari situs web dengan mengidentifikasi dan menambal kerentanan.

Mengapa Keamanan Web Diperlukan?

Keamanan web melindungi sektor bisnis dari kerugian finansial dan mempertahankan nilai reputasi dan penutupan situs web yang tidak diinginkan. Serangan web dapat menyebabkan kerusakan situs web atau respons yang lambat, yang sangat berdampak pada bisnis. Dengan strategi keamanan web yang tepat, profesional keamanan dapat membantu bisnis tumbuh tanpa gangguan atau kerugian karena keamanan informasi yang dikompromikan.

Berikut adalah beberapa tips berguna untuk menjaga situs web terlindungi dari penyerang. Beberapa dari langkah ini juga dapat dilakukan oleh admin keamanan/jaringan suatu organisasi atau ISP untuk melindungi penggunanya.

  1. Gunakan browser web yang tepercaya

Browser populer seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Windows Internet Explorer/Edge menyediakan bantuan keamanan web yang diperbarui secara berkala yang membantu menangani URL yang mencurigakan. Cobalah untuk menjaga browser web Anda dalam mode pembaruan otomatis atau perbarui secara berkala.

  1. Pengaturan privasi dan keamanan web browser

Anda perlu menjaga privasi browser dan pengaturan keamanan web untuk melindungi identitas Anda dan menghindari pelanggaran data. Misalnya, Anda dapat menyertakan permintaan “Jangan Lacak” dengan penjelajahan Anda. Anda juga dapat menonaktifkan kamera web atau mikrofon sehingga aplikasi dan situs web berbahaya tidak dapat mengaksesnya.

  1. Waspadalah terhadap URL pendek

URL yang dipersingkat adalah salah satu metode utama yang digunakan penyerang untuk menyembunyikan dan memodifikasi URL berbahaya. Ketika target mereka menerima URL pendek dan mengkliknya, sangat sulit bagi mereka untuk mengetahui ke mana arahnya, karena, tidak seperti hyperlink, URL pendek dapat menunjukkan alamat tautan yang sama bahkan saat mengarahkan kursor ke tautan tersebut. Oleh karena itu, sulit untuk mendeteksi apakah; itu adalah trik dunia maya dan/atau akan menavigasi ke beberapa situs web palsu yang dibuat untuk serangan phishing.

  1. Periksa status situs “Safe Browsing” Google

Seperti disebutkan sebelumnya, banyak browser memiliki berbagai fitur keamanan web, dan salah satu yang paling populer adalah teknologi Safe Browsing Google yang memeriksa miliaran URL per hari dan mencoba mendeteksi situs web yang tidak aman. Setiap hari, ribuan situs baru yang tidak aman ditemukan dengan metode ini, banyak di antaranya adalah situs web sah yang telah disusupi. Saat mendeteksi situs yang tidak aman, mereka menampilkan peringatan di Google Penelusuran dan di browser web. Anda juga dapat menelusuri untuk melihat apakah situs web saat ini berbahaya untuk dikunjungi menggunakan aplikasi laporan transparansi Google di https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/search?hl=id

  1. Ketahui sumber URL situs web

Pemindai situs web yang berbeda membantu memeriksa situs web untuk malware yang diketahui, status daftar hitam, virus, kesalahan situs web, perangkat lunak kedaluwarsa, dan kode berbahaya. Ada beberapa pemindai situs web yang dapat membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang situs web apa pun.

  1. Biasakan untuk tidak langsung mengklik URL yang tidak dikenal

Misalnya saja, jika Anda telah menerima URL, yang sangat Anda kenal, salin-tempel di browser – atau – jangan klik dan biarkan URL tersebut terbuka secara otomatis dengan browser default perangkat Anda. Sebaliknya, lebih baik mengetiknya di browser web. Ini meminimalkan risiko menjadi korban.

Strategi keamanan web yang efektif membutuhkan staf terlatih yang memahami cara kerja peretas jahat. Dengan demikian, kampanye phishing yang disimulasikan dapat memberdayakan tim untuk membantu memahami bagaimana peretas dapat memanipulasi pengguna untuk mengkompromikan informasi sensitif dan menguranginya. Mengamankan karyawan Anda dari scammer online akan mengurangi kemungkinan situs web perusahaan Anda terkena serangan siber. Simulasi Phising EC-Council mengajarkan bagaimana seberapa penting nya kesadaran pengguna dalam jebakan di dunia siber dan diselesaikan dengan penerapan pelatihan kesadaran keamanan. Tim keamanan yang diaktifkan dengan program pelatihan dapat menyimpan laporan terperinci tentang tautan terlemah rantai keamanan dan meningkatkannya. Selain itu, mereka kemudian dapat membatasi akses ke tautan ini atau memperkuatnya dari serangan.

More information :
https://aware.eccouncil.org/10-insightful-web-security-tips-for-safe-browsing.html

For more information :
eccouncil@metrodata.co.id

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA