Citrix : Amankan Akses Internet dan Aplikasi Berbasis Cloud dengan Citrix Secure Internet Access (SIA)

September 24, 2021by Winda Winda0

Dengan semakin marak nya adopsi teknologi cloud, dan semakin banyak nya kondisi karyawan yang bekerja di luar kantor, model konektivitas tradisional seperti VPN dan MPLS tidak lagi memenuhi kebutuhan performa dan sekuriti yang diinginkan. Para karyawan ini, membutuhkan akses yang baik, terhadap aplikasi yang biasa mereka gunakan, namun posisi kerja mereka yang semakin tersebar, membuat IT admin menjadi semakin sulit untuk memenuhi ekspektasi terkait sekuriti.

Terhubung secara langsung dengan internet, mengijinkan para karyawan tersebut untuk terkoneksi secara cepat kepada aplikasi mereka yang berada di cloud. Namun hal ini juga membutuhkan sebuah solusi, yang memungkinkan pengaturan terhadap policy sekuriti perusahaan, yang tersentralisasi agar dapat diterapkan secara lebih cepat, mudah dan tidak kompleks, dapat mengamankan dari ancaman sekuriti yang ada, tetapi juga tetap memberikan pengalaman bekerja yang aman dan nyaman kepada para karyawan tersebut.

Overview dari Citrix Secure Internet Access

Citrix Secure Internet Access (SIA) memberikan sebuah solusi layanan sekuriti berbasis cloud yang komprehensif, bagi para karyawan yang terhubung langsung dengan internet.

Termasuk di dalam Citrix SIA ini adalah fungsi Secure Web Gateway, Firewall-as-a-Service, Cloud Access

Security Brokers, Data Loss Prevention, and Sandboxing.

Citrix Secure Internet Access (SIA) terdistribusi secara global pada lebih dari 100 points of presence (PoP), dimana setiap PoP dapat melayani seluruh fungsi sekuriti yang ada, dan saling terhubung, agar dapat melindungi para karyawan dimanapun mereka berada.

 

Fungsi yang terdapat pada Citrix Secure Internet Access (SIA) yaitu:

Secure Web Gateways (SWG) adalah solusi sekuriti yang dapat melindungi pengguna dari ancaman dunia maya yang bersifat web-based. Fitur yang terdapat di dalam nya yaitu:

  • URL filtering – Allow atau block akses website dengan melihat URL yang direkues dan dibandingkan dengan database sekuriti filter yang ada.
  • Anti-malware protection – Inspeksi konten web untuk melihat dan block ancaman yang ada.
  • Application control – Memberikan visibility dari aplikasi yang diakses dan memberikan fungsi kontrol terhadap aplikasi tersebut, mana saja yang boleh diakses, atau tidak boleh diakses.

Firewall- as-a-Service bertindak sebagai filter terhadap akses internet, dengan memberikan kontrol secara bidirectional / dua arah (ingress dan egress) untuk hanya mengijinkan trafic tertentu yang boleh lalu lalang.

Cloud Access Security Brokers (CASB) membantu melakukan monitor, mengamankan, dan mengatur akses terhadap aplikasi SaaS yang ada di cloud.

Data Loss Prevention memastikan data yang bersifat sensitif, tidak dapat keluar atau diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan, misalnya nomor kartu kredit, nomor tanda penduduk, dan lain sebagainya.

Sandboxing secara aman melakukan eksekusi terhadap aplikasi yang bersifat mencurigakan, dalam sebuah lingkungan yang terisolasi sehingga tidak merusak sistem yang ada, misalnya melakukan eksekusi dari ancaman zero-day.

Keuntungan dari Citrix Secure Internet Access (SIA)

Deep Forensics and Easy Search memberikan visibility yang baik dan lengkap terhadap semua traffic internet yang lalu lalang, dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, dan pelanggaran policy sekuriti yang mungkin muncul .

Full Visibility into All Traffic Logging kepada seluruh pengguna, termasuk di dalam nya beberapa identifikasi seperti username, full URL dan informasi IP address.

AI Powered Reporting mengijinkan untuk melakukan pengumpulan dan melaporkan para pengguna yang terdeteksi sebagai high risk, termasuk aktivitas nya dalam dashboard yang bersifat real-time, dan memberikan kemungkinan remediasi secara cepat.

Selectively Encrypt Logs seperti username, source IP dan group untuk mencegah kebocoran data atau informasi yang bersifat confidential.

Export to Templates, SIEM termasuk di dalam nya kemampuan untuk menjadwalkan report yang diinginkan, dan integrasi dengan SIEM melalui konektor yang ada.

Automated, Resilient Connectivity dengan memanfaatkan fungsi tunnel dari beberapa lokasi dan PoP dari Citrix SIA yang saling terhubung, dapat memberikan monitoring secara terus-menerus dan failover untuk memberikan layanan yang konsisten.

Unified Management memberikan kemampuan pengaturan yang lebih mudah dan efisien, kemampuan troubleshoot yang lebih mudah, policy sekuriti yang lebih konsisten, dan infrastruktur yang terkonsolidasi dan tersentralisasi secara cloud oleh vendor yang berpengalaman.

Satu vendor terpercaya untuk networking, security, dan digital workspace

Berikan pengalaman baru bekerja yang lebih baik, aman, policy yang terkonsolidasi dan tersentralisasi, untuk dapat memenuhi tantangan dan ekspektasi baru yang muncul, dengan sebuah framework yang memungkinkan untuk:

  • Terlindungi dari ancaman zero-day dengan security update yang terotomatisasi
  • Memperkuat situasi kerja karyawan yang bekerja dari luar kantor, dengan arsitektur solusi yang cepat, reliable, komprehensif, serta aman dari ancaman dunia maya.
  • Menjamin policy sekuriti yang konsisten dan pengaturan yang sesuai dengan compliance dari perusahaan.
  • Menghilangkan manajemen IT yang tercerai-berai, dengan menggunakan sebuah interface terpadu untuk seluruh konfigurasi yang ada.

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi : citrix@metrodata.co.id

Copyright 2022 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

Copyright 2023 PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA